Gorontalo,   (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, terus melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur sektor pertanian pada 2015 untuk meningkatkan produksi pangan.

Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga di Pohuwato, Rabu, mengatakan untuk lebih meningkatkan produksi pertanian, pemerintah daerah akan memperbaiki sarana irigasi pada sejumlah titik di daerah yang selama ini menjadi sentra pertanian dan perkebunan di kabupaten itu.

Dia menjelaskan untuk meningkatkan infrastuktur sektor pertanian tersebut, pemerintah daerah telah memperoleh dana sebesar Rp11,23 miliar dari Kementerian Pertanian RI.

"Dana tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan irigasi pertanian dan sarana perkebunan," kata Syarif seraya menambahkan bahwa produksi pertanian diupayakan bisa menunjang ketahanan pangan di Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pohuwato, Ibrahim Bouty mengatakan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementrian Pertanian tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan irigasi di seluruh wilayah Pohuwato, khususnya yang saat ini kondisinya sudah tidak maksimal melayani pengairan areal persawahan.

Dia menjelaskan, setelah irigasi untuk pertanian dan perkebunan diperbaiki maka program selanjutnya adalah meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

Ia mengatakan dalam beberapa tahun terakhir pemerintah terus membantu kelompok tani terutama dalam bentuk bibit dan obat serta pupuk yang sebagian besar diberikan secara gratis. Namun petani masih tetap mengeluh karena irigasi yang sudah rusak dan tidak maksimal lagi mengairi sawah.

"Untuk tahun ini, kami akan fokus pada program perbaikan irigasi sebab sangat diperlukan petani dalam menunjang pengairan sawahnya," kata Ibrahim.

Dia mengharapkan masyarakat khususnya petani mendukung program pemerintah dalam bidang pertanian maupun perkebunan sehingga nantinya Pohuwato akan bisa sejajar hasil pertaniannya dengan daerah lain di Provinsi Gorontalo.

"Selama ini Pohuwato lebih terkenal dengan hasil tambang dan perikanan maka untuk tahun berikutnya hasil pertanian bisa diandalkan," kata Ibrahim.

Kabupaten Pohuwato merupakan kabupaten yang terbentuk dari hasil pemekaran Kabupaten Boalemo. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003 yang ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Pewarta: M.F Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015