Gorontalo (ANTARA GORONTALO) - Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tahun ajaran 2015/2016, telah mencapai 3.749 orang.

Koordinator Teknologi Informasi Komputer (TIK) Biro Administrasi Akademik, UNG, Iwan, Senin, mengatakan pendaftaran calon mahasiswa baru tahun 2015, selain jalur SBMPTN, juga ada jalur "LOkal mandiri" dan jalur Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Nasional (SNPTN).

"Untuk jalur SNPTN ada sebanyak 2.000 orang yang lulus seleksi, sedangkan untuk SBMPTN dan Lokal mandiri belum bisa kami pastikan, namun untuk tahun ini UNG akan menerima sekitar 6.000 mahasiswa baru," papar Iwan.

Sampai saat ini pihaknya belum mengalami kendala untuk pendaftaran, namun masih ada beberapa calon mahasiswa baru yang masih belum memahami proses pendaftarannya, walaupun sudah melakukan sosialisasi sebelum membuka pendaftaran.

"Sosialisasi kami lakukan di beberapa sekolah, lalu calon mahasiswa kami kumpulkan di satu tempat yang berlokasi di gedung Nyiur Indah, dan sosialisasi berkaitan tentang bagaimana proses pendaftaran jalur SBMPTN," ujar pria berkacamata itu.

Bagi calon mahasiswa baru yang sudah mendapatkan kartu setelah melakukan pendaftaran SBMPTN online, akan mengikuti ujian tes pada tanggal 9 Juni.

"Ujian akan dilakukan secara manual dan dilaksanakan di kampus dan beberapa sekolah di kota Gorontalo, karena melihat kapasitas calon mahsiswa yang mengikuti ujian tes terlalu banyak, jadi akan dibagi sesuai dengan ketentuan setiap ruangan," terang Iwan.

Menurutnya, hasil dari ujian tes akan langsung diperiksa menggunakan komputer melalui Validasi data yang ada di Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro dan ITS, jadi kemungkinan adanya praktek kecurangan sangat kecil.

Pewarta: Sariva Yunus

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015