Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Ridwan Yasin, menyebut program nasional Penyediaan Air Minum Masyarakat (Pamsimas) di daerah itu telah menjangkau seluruh kecamatan.

"Pemkab sangat mensyukurinya dan meminta masyarakat dapat menjaga dan ikut merawat fasilitas yang telah dibangun pemerintah pusat tersebut di desa-desa," ujarnya di Gorontalo, Minggu, usai melakukan uji fungsi sambungan air bersih program Pamsimas di Desa Posono dan Pinontoyonga, Kecamatan Atinggola.

Kabupaten Gorontalo Utara yang beribu kota di Kwandang itu, meliputi 11 kecamatan.

"Kita sulit hidup tanpa air, maka fasilitas yang telah dibangun ini harus dirawat dengan baik agar pemanfaatannya jangka panjang," ucapnya.

Seringkali, katanya, para ibu rumah tangga dirundung keresahan bahkan kurang bersemangat dalam beraktivitas akibat tidak terpenuhinya kebutuhan mendasar rumah tangga mereka, seperti air bersih.

Kalaupun ada air, kata dia, sulit diakses karena jauh dari rumah atau tidak memiliki sambungan distribusi air bersih yang memadai.

Ia mengatakan melalui program Pamsimas yang telah menyediakan fasilitas induk dan sambungan air bersih, dipastikan membangkitkan semangat masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya yang akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan.

"Masyarakat akan bersemangat dan sejahtera jika keperluan air bersih terpenuhi," ucapnya.

Ia mengharapkan program nasional Pamsimas tetap lestari dan dikucurkan setiap tahun ke daerah itu, yang hingga saat ini menjangkau 123 desa.

Ia mengimbau pemerintah desa bekerja sama dengan pihak-pihak terkait mengoptimalkan perawatan seluruh fasilitas publik, baik melalui anggaran pusat maupun daerah, agar terjaga dengan baik dan benar-benar dinikmati langsung masyarakat sepanjang waktu.
Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, meresmikan dan melakukan uji fungsi program Pamsimas III di Desa Kikia Kecamatan Sumalata, Desa Sogu Kecamatan Monano serta Desa Pinontoyonga dan Desa Posona di Kecamatan Atinggola. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020