Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Indra Yasin mengatakan sangat optimistis kerja sama "Utara Utara" yang dibangun dengan beberapa daerah di Pulau Sulawesi akan mewujudkan kemajuan daerah secara bersama-sama.

Maka kata dia di Gorontalo, Selasa, peningkatan kerja sama antar daerah akan terus didorong dalam rangka memanfaatkan keunggulan komparatif maupun kompetitif setiap daerah.

Hal itu ia ungkap usai mengikuti rapat koordinasi Badan Kerja sama Utara Utara di Gedung Wanita Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Utara.

Menurutnya, kerja sama yang dilaksanakan oleh daerah yang berbatasan atau tidak berbatasan untuk penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah akan lebih efektif dan efisien jika dilaksanakan dengan bekerja sama untuk mengatasi ketimpangan antar daerah. 

Kabupaten Gorontalo Utara sendiri dari sisi geo-strategis sangat menguntungkan, maka harus memanfaatkan momentum tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Dari hasil pemetaan keunggulan masing-masing daerah, Gorontalo Utara lebih menonjol dari segi potensi sumber daya alam di bidang perikanan tangkap. 

Garis pantai yang lebih panjang dari daerah lain, menjadi salah satu titik tolak untuk bergerak lebih akseleratif dengan program-program yang tepat dan cepat dalam kerangka mengangkat ekonomi masyarakat.

Ia pun berharap, kerja sama pemerintah daerah menjadi suatu isu yang perlu diperhatikan pemerintah saat ini mengingat perannya dalam menentukan ketahanan negara.

Serta melihat begitu banyak masalah dan keperluan masyarakat di daerah yang harus diatasi atau dipenuhi dengan melewati batas-batas wilayah administratif.

Peran strategis yang dimainkan provinsi dalam sistem negara kesatuan pun sangat penting, maka peningkatan peran dan kemampuan provinsi dalam mekanisme kerja sama ini, termasuk penyesuaian struktur dan fungsi kelembagaannya pun harus menjadi agenda penting pemerintah di masa mendatang.

Olehnya kata Indra, sangat diharapkan pada pertemuan yang akan datang, dapat melibatkan pemerintah provinsi dari masing-masing kabupaten yang telah membangun kerja sama tersebut.

Juga diperlukan adanya hasil identifikasi dari masing-masing daerah, apa yang menjadi sektor dominan dan pengaruhnya untuk menjadi lokomotif peningkatan ekonomi.

Tentu ini akan semakin memudahkan pemetaan keunggulan lokal agar daerah-daerah ini berkembang bersama-sama. 

Hal lain yang mengemuka dalam rapat koordinasi tersebut, adalah Bupati Gorontalo Utara dinobatkan sebagai Ketua Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) untuk periode tahun 2021, dan adanya gagasan untuk membangun sekretariat bersama.

Serta bergabungnya Kabupaten Minahasa Tenggara, memperkuat barisan kerjasama antar daerah dalam BKSU yaitu Kabupaten Boalemo dan Bone Bolango (Gorontalo), Buol (Sulawesi Tengah) dan Bolmong Utara (Sulut).
 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020