Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengantar langsung sejumlah bantuan bagi warga terdampak banjir di Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"Bantuan ini dari masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo untuk meringankan beban masyarakat terdampak banjir Monano," katanya di Gorontalo, Kamis. 

Ia menyerahkan langsung bantuan kepada pemerintah kabupaten (pemkab) setempat berupa 3 ton beras dan bantuan lainnya.

Banjir di wilayah Monano cukup memprihatinkan, sehingga Pemkot turut segera menyalurkan bantuan bagi warga terdampak, katanya.

Sementara itu Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Desa Tudi, Kecamatan Monano mengatakan sangat mengapresiasi uluran tangan Pemkot Gorontalo, khususnya pak Wali Kota.

"Alhamdulillah beliau (Wali Kota) mengantar langsung bantuan untuk warga terdampak banjir di daerah ini. Kami sangat mensyukurinya dalam upaya meringankan beban masyarakat," katanya.

Ia didampingi Wakil Bupati Thariq Modanggu menerima bantuan tersebut yang langsung disalurkan kepada 870 kepala keluarga (KK) atau 2.986 jiwa melalui pemerintah kecamatan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pun katanya, telah membangun dapur umum untuk menyiapkan makanan siap saji bagi masyarakat terdampak banjir.

"Mereka punya bahan makanan namun banjir dengan ketinggian ekstrem membuat alat-alat dapur terendam, bahkan hanyut terseret air sehingga pemkab perlu menyiapkan makanan siap saji di siang dan malam hari untuk memudahkan warga terdampak mendapatkan makanan," katanya.

Bupati sangat mengapresiasi dukungan seluruh pihak dalam percepatan penanggulangan bencana banjir di daerah itu.

Pihak TNI, Polri dan Basarnas, juga pemerintah desa dan kecamatan yang memperkuat sinergi dalam percepatan penanganan bencana dan pascabanjir, katanya.

Penyaluran bantuan dan penyediaan dapur umum juga dibangun di Kecamatan Biau dan Sulamata Timur.***
Wali Kota Gorontalo Marten Taha menyerahkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir Monano Kabupaten Gorontalo Utara. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2020