Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Festival Bahari 2013 di Kepulauan Ponelo, Kabupaten Gorontalo Utara, diharapkan mampu menjadi ajang promosi daerah.

"Ini kegiatan perdana di kecamatan kepulauan, sekaligus menandai digalakkannya kegiatan desa wisata yang sudah dicanangkan sejak 2011 lalu di Pulau Ponelo," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, Frits Ano, Minggu.

Festival yang digelar selama dua hari itu, ternyata mampu menyedot perhatian warga Gorontalo, sehingga pemerintah daerah (pemda) optimis jika ajang ini akan efektif sebagai promosi wisata.

Pemda yang menyerahkan sepenuhnya pengelolaan kegiatan tersebut kepada masyarakat setempat, diharapkan mampu meningkatkan peran aktif warga, untuk memperkenalkan Ponelo sebagai kawasan wisata yang mampu membuka diri kepada para wisatawan.

Festival turut dimeriahkan kegiatan parade perahu katinting, lomba menyelam dan menangkap ikan dengan cara tradisional.

Lomba menangkap gurita, cipta menu, lomba kecepatan perahu katinting dan kemah bakti wisata serta penanaman pohon dan aksi bersih pantai.

Frits mengakui, meskipun baru digelar di tingkat kabupaten, namun peran para pelaku industri pariwisata dalam mensponsori kegiatan tersebut sudah sangat besar.

Sehingga pemda akan menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang promosi wisata daerah yang digelar tahunan.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013