Kepolisian Resor Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, menjamin keamanan lokasi penyimpanan vaksin COVID-19 di daerah itu.

"Kami akan kawal ketat mulai dari pendistribusian ke daerah ini hingga ke ruang instalasi farmasi milik Dinas Kesehatan," ujar Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma, di Gorontalo, Jumat.

Pengawalan dan pengamanan pun dilakukan hingga pendistribusiannya di seluruh puskesmas dan rumah sakit sampai pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Ia mengatakan, keamanan cairan vaksin COVID-19 wajib optimal, termasuk ruang dan tempat penyimpanannya.

Sebab gangguan sedikit dapat mengubah komposisinya, maka penting menjaga suhu ruang penyimpanan yaitu 2-8 derajat celcius, listrik tidak boleh padam sehingga perlu disiapkan generator mengantisipasi listrik padam.

"Kami akan menempatkan personel jaga 1x24 jam berkoordinasi dengan pihak TNI," kata Dicky.

Ia pun menegaskan, siap menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin di daerah itu. "Jika di Jakarta, Raffi Ahmad seorang artis terkenal mau divaksin lebih awal, saya di daerah ini pun siap terdepan untuk memotivasi masyarakat," kata Dicky.

Tujuan pelaksanaan vaksinasi tersebut sangat baik untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu.

Sehingga ia berharap masyarakat tidak khawatir apalagi rata-rata pejabat negara, selebritas maupun relawan lainnya telah lebih dulu disuntik vaksin COVID-19. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021