Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara, Ridwan Yasin mengatakan penyaluran bantuan langsung tunai bersumber dari dana desa (BLT-DD) di daerah itu dilakukan secepat-cepatnya.

Penyaluran BLT-DD bertujuan membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19 guna memenuhi keperluan rumah tangga.

"Meskipun hanya bersifat sementara namun bantuan tersebut adalah bentuk perhatian pemerintah bagi rakyatnya," kata Ridwan, di Gorontalo, Sabtu.

Karena itu, pemerintah kabupaten mendorong seluruh pemerintah desa di 11 kecamatan untuk bergerak cepat menyalurkan BLT-DD tahap satu dalam tahun anggaran 2021 ini.

"Tahun 2020 lalu, kita berhasil meraih peringkat pertama di kawasan timur Indonesia sebagai daerah penyalur BLT-DD tercepat," katanya.

Tahun ini prestasi nasional itu wajib dipertahankan. Tidak hanya cepat-cepat menyalurkan namun harus tepat dan akurat dalam pengawasan penyalurannya.

Pengawasan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah daerah secara berjenjang namun diharapkan masyarakat juga proaktif melakukan pengawasan.

Agar penyalurannya merata, tepat sasaran, tidak ada yang berkurang sepeserpun supaya tidak berujung masalah.

Seperti penyaluran yang turut dilakukannya di Desa Pilohulata Kecamatan Monano.

Ridwan mengatakan sangat mengapreaiasi peran pemerintah desa dalam percepatan penyaluran dan masyarakat yang ikut mengawasi.

Kita bangun optimisme mampu menyalurkan hak-hak masyarakat terdampak COVID-19 dengan baik, tepat dan wajib cepat.***
Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin (tengah) menyalurkan BLT Dana Desa tahap satu tahun 2021 di Desa Pilohulata Kecamatan Monano. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021