Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara resmi menerima distribusi vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, sebanyak 1.760 dosis.

"Kami sudah menerima distribusi vaksin Sinovac yang diantar langsung kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dengan pengawalan ketat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ridwan Yasin, di Gorontalo, Selasa.

Ia memastikan saat ini vaksin disimpan di tempat penyimpanan di instalasi Farmasi Dinas Kesehatan sesuai standar yaitu suhu dingin 2-8 derajat selsius.

Kedatangan vaksin Sinovac kata Ridwan disambut langsung pemerintah daerah bersama DPRD dan forum koordinasi pimpinan daerah untuk memastikan keamanan dan pengamanan vaksin.

Serah terima vaksin pun langsung dilakukan saat itu juga dari kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr Yana Yanti Suleman kepada pemerintah daerah.

"Kita bangun optimisme pandemi COVID-19 akan berakhir dengan adanya vaksin ini," katanya.

Mengingat kabupaten tersebut mengalami 'pasang surut' pertambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19.

"Beberapa saat kita berstatus zona hijau COVID-19, namun terkadang berstatus zona merah ditambah lagi kita ada di wilayah perlintasan Sulawesi sehingga daerah ini cukup terbuka dengan arus kedatangan dari daerah lain," katanya pula.

Maka pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sangat dinanti. "Saya berkeinginan menjadi orang pertama di daerah ini yang disuntik vaksin tersebut," kata Ridwan.

Ia memastikan pemerintah daerah menjamin pengawasan ketat vaksin tersebut dalam 1x24 jam hingga hari pelaksanaan dilakukan didukung pihak TNI dan Polri.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Rizal Yusuf Kune memastikan ruang dan tempat penyimpanan vaksin Sinovac sudah memenuhi standar.

Juga telah diperiksa langsung pihak BPOM Provinsi Gorontalo.

Distribusi vaksin ke lokasi vaksinasi yang direncanakan pekan depan di kantor bupati, akan dilakukan saat hari penyuntikan. Itu untuk menjamin keamanan vaksin serta tetap dalam kondisi baik.

Vaksin Sinovac diterima dalam kemasan per dus 40 dosis atau berisi 0,5 ml. Totalnya 1.760 dosis.
Serah terima distribusi vaksin Sinovac ke Kabupaten Gorontalo Utara dari kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo diterima Sekda Gorontalo Utara disaksikan ketua DPRD Kabupaten, kepala BPOM Gorontalo, unsur Forkopimda yang berlangsung di instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021