Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo memaparkan perkembangan dan program daerah pada kunjungan kerja Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie ke rumah jabatan, Limboto, Kabupaten Gorontalo.

"Pada kunjungan tersebut, kami memaparkan kondisi umum, mulai dari pertumbuhan penduduk, tingkat kemiskinan hingga masalah sosial yang ada," ujar Nelson di Gorontalo, Rabu.

Ia menjelaskan, selang tahun 2016-2021 Kabupaten Gorontalo mencatatkan peningkatan di semua sektor. Tingkat IPM contohnya, dari tahun 2016 yang hanya 64 persen, kini meningkat jadi 66,92 persen.

Peningkatan juga terlihat pada penurunan angka kemiskinan, yang di 2016 berada diposisi 21,8 persen kini menurun hingga 17,02 persen, atau dirata-ratakan turun 1 persen per tahun.

"Penurunan ini juga menyumbang penurunan angka kemiskinan di tingkat provinsi, dan yang menggembirakan sesuai hasil evaluasi RPJMD 2016-2021, capaian pembangunan melampaui target 100,253 persen, dengan kerja sama dan optimalisasi sumber daya alam yang bertengger di posisi teratas," ungkapnya.

Peningkatan juga terlihat dari sisi pelaporan, LAKIP yang tadinya CC kini menjadi B, demikian pula pengelolaan keuangan yang terus membaik. Selain itu Nelson juga memaparkan perkembangan penanganan COVID-19, dari pencegahan hingga pelaksanaan vaksinasi.

"Untuk perencanaan 2021-2026, titik berat kami bagaimana membangun Kabupaten Gorontalo yang 'Gemilang'. Jadi kita memantapkan apa yang telah dilakukan periode sebelumnya," terang Nelson.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021