Provinsi Gorontalo merupakan salah satu daerah yang masuk dalam 10 besar nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021.

“Alhamdulillah tahun ini kita masuk dalam 10 besar nominasi Bappenas terhadap perencanaan dan pembangunan daerah yang berkualitas,” kata Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki di Gorontalo, Kamis.

Budi mengungkapkan setelah melewati dua tahapan penilaian, Gorontalo dinyatakan masuk dalam 10 besar provinsi yang berhak mengikuti penilaian tahap III verifikasi.

Pada tahap ini, Provinsi Gorontalo akan bersaing dengan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

PPD sendiri merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat yakni Kementerian PPN/Bappenas RI kepada provinsi, kabupaten, dan kota atas prestasinya di bidang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

Tahap penilaian PPD meliputi penilaian dokumen RKPD dan inovasi, presentasi dan wawancara, serta verifikasi.

“Kalau kita bisa masuk tiga besar, ada insentif yang bisa kita dapatkan dan tentu ada penghargaan buat kami seluruh insan perencanaan,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Darda Daraba memberikan apresiasi kepada insan perencanaan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ia juga berjanji akan memberikan hadiah jika Provinsi Gorontalo bisa masuk ke dalam tiga besar.

“Kita berikan insentif khusus. Kalau perlu kami berikan insentif khusus supaya memberikan motivasi juga kepada yang lain, agar terus maju memberikan yang terbaik dalam perencanaan pembangunan,” katanya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021