Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo, melakukan kalibrasi alat laboratorium secara rutin.

Kalibrasi dilakukan setiap tahun yang bertujuan untuk menjaga kondisi alat laboratorium, agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.

BPSMB Gorontalo mendapat pendampingan dari petugas kalibrasi BPSMB Provinsi Sulawesi Selatan, Mustafa, Selasa.

Ia menjelaskan alat laboratorium dapat mengalami penurunan performa setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu.

Dengan melakukan kalibrasi, lanjutnya, petugas dapat mengetahui kondisi peralatan laboratorium tersebut masih sesuai dengan spesifikasinya atau harus diperbaiki atau bahkan diganti.

"Jika tidak dilakukan kalibrasi atau masa kalibrasinya sudah lewat, tidak menutup kemungkinan akan terjadi penyimpangan pada hasil pengujian.” kata Mustafa di Gorontalo.

Analis BPSMB Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo Gatot Heri Purwanto mengatakan, proses kalibrasi diawali dengan tahap pengambilan data.

Data yang diperoleh kemudian akan dihitung sesuai metode kalibrasi.

"Setelah seluruh tahapan kalibrasi selesai dilakukan dengan teliti dan tertib, maka hasilnya akan dibuatkan laporan kalibrasi,” ujarnya.

Ia berharap hasil kalibrasi menunjukkan bahwa alat laboratorium BPSMB Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo masih terjaga akurasinya.

"Dengan demikian aktivitas pengujian yang dilakukan di Laboratorium BPSMB tidak akan mengalami kendala," kata Heri.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021