Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Nelayan dan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menerima bantuan peningkatan produksi dari pemerintah daerah setempat.

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin di Molingkapoto, Kamis, mengatakan bantuan tersebut untuk meningkatkan produksi perikanan lokal agar bisa memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat setiap tahun, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Bantuan tersebut, katanya, juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan kalangan nelayan dan pelaku usaha perikanan di daerah itu.

Paket bantuan yang diserahkan, yaitu, 20 mesin tempel 15 PK, 55 "cool box fiber", 20 rumpon, pukat "gill net" dan basket atau keranjang ikan.

Pada 2015, penerima bantuan 255 orang, khususnya mereka yang terdata sebagai nelayan maupun pelaku usaha perikanan produktif, namun sulit mengembangkan usaha karena terkendala minimnya modal.

Ia mengatakan pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudi daya ikan, termasuk memberi pendampingan terhadap usaha pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Untuk meningkatkan sektor unggulan di bidang kelautan dan perikanan itu, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran penyediaan bantuan sarana dan prasarana produksi, pembangunan infrastruktur perikanan, serta peningkatan sumber daya manusia bagi para pelaku usaha perikanan.

Pada penyerahan bantuan tersebut di kantor bupati setempat, ia mengharapkan bantuan tersebut tepat sasaran dalam pemanfaatannya oleh para penerima.

"Jangan menjual bantuan yang diterima atau memindahtangankan kepada yang tidak berhak, sebab penyalurannya telah tepat sasaran sesuai data yang dikantongi Dinas Kelautan dan Perikanan," katanya.

Monitoring dan evaluasi, katanya, wajib seara intensif dilakukan agar seluruh penerima bantuan dapat mempertanggungjawabkan pemanfaatannya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015