Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman mengimbau kepada masyarakat untuk mengajak para lanjut usia (lansia) guna divaksin COVID-19.

Menurutnya, mengajak vaksinasi merupakan bentuk kepedulian warga untuk melindungi lansia terpapar virus corona.

“Vaksinasi lansia sangat tepat karena kami menyuntikkan kekebalan atau imun terhadap orang yang sangat rentan. Kasihanilah lansia dengan cara membawa mereka ke tempat pelayanan vaksinasi, bisa orang tua atau tetangga kita,” kata Yana saat menghadiri Gebyar Vaksinasi Lansia yang dipusatkan di gedung Gedung Bele Li Mbui, Rabu.

Lebih lanjut Yana menjelaskan, vaksinasi terhadap lansia sangat penting karena merupakan kelompok yang sangat rentan tertular COVID-19.

Vaksinasi Lansia bisa dilakukan dengan mudah dan gratis cukup membawa KTP di puskesmas terdekat.

“Semua puskesmas kamu instruksikan mengadakan vaksinasi lansia setiap hari. Jadi pelayanannya setiap hari cukup membawa KTP," imbuhnya.

Menurutnya vaksinasi lansia di Gorontalo masih cukup rendah.

Dari 96.000 orang target divaksin, baru sekitar 2.000 orang yang selesai.

Hal itu membutuhkan partisipasi semua pihak dengan mengajak orang tua, kerabat, tetangga mensukseskan program vaksinasi bagi lansia.

“Pak gubernur juga membuat kebijakan agar setiap ASN Pemprov Gorontalo membawa dua orang lansia untuk divaksin. Ini merupakan bentuk kepedulian nyata agar semua orang tua kita terlindungi dari potensi tertular virus corona,” tambahnya.


Salah seorang lansia, Ahmad Bait (72) mengaku antusias mengikuti vaksinasi lansia di gedung tersebut tanpa didampingi anak dan cucu.

“Saya tahu informasinya dari kelurahan. Saya termasuk calon jemaah haji jadi harus divaksin, tapi yang paling penting alasannya untuk kesehatan. Kalaupun tidak jadi naik haji, kesehatan itu yang penting,” katanya.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021