Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, dalam penyelesaian tapal batas antara Provinsi Gorontalo dengan Sulawesi Tengah (Sulteng) di wilayah barat kabupaten itu.

"Mengingat hal ini adalah menyangkut prinsip dan harga diri, maka DPRD memberi dukungan penuh terhadap upaya Pemkab yang diwakili Wakil Bupati Thariq Modanggu," kata Wakil Ketua II DPRD setempat, Hamzah Sidik, di Gorontalo, Selasa.

DPRD berharap, kerja keras Pemkab dalam mendukung penyelesaian tapal batas juga mendapat dukungan dari masyarakat luas.

Khususnya masyarakat di Kecamatan Tolinggula yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buol-Sulteng.

Pada prinsipnya kata Hamzah lagi, DPRD ikut bersama memperjuangkan tapal batas dengan menghadiri beberapa kali pertemuan oleh pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Juga dihadiri Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Sulteng.

Ini bagian penting dalam upaya menjaga kedaulatan Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo Utara di Kecamatan Tolinggula.

Selama ini wilayah perbatasan tersebut sangat kondusif. Masyarakatnya hidup aman dan damai. Sehingga tidak ada persoalan tapal batas.

"Tata pemerintahan daerah di tingkat pemerintahan desa berjalan harmonis dan desa-desa di perbatasan tersebut di wilayah Kecamatan Tolinggula sangat bersemangat membangun desanya," katanya lagi.

Olehnya, pelaksanaan pemerintahan daerah di garda terdepan tersebut harus terus didukung optimal.

"Jangan sampai terjadi hal-hal yang memicu ketidakstabilan keamanan daerah maupun keharmonisan masyarakat khususnya di wilayah perbatasan," katanya lagi.

Wakil Bupati Thariq Modanggu mengatakan, bersama tim mengikuti pertemuan penyelesaian tapal batas yang berlangsung di Jakarta.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021