Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Darda Daraba, mengatakan capaian atau realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) daerah itu sebesar 39,16 persen.

"Berdasarkan rakor Kemendagri dengan pemda seluruh Indonesia Jumat kemarin, disebutkan Gorontalo yang tertingi se Indonesia," ujarnya di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya dengan prestasi itu, menunjukkan bahwa program Pemprov Gorontalo berjalan dengan baik, sehingga APBD juga terserap maksimal.

Ia berharap hal itu membawa semangat baru untuk para pegawai dan seluruh organisasi perangkat daerah, untuk memacu lebih cepat pelaksanaan program.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Muhammad Hudori melalui rapat virtual tersebut mendorong pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota agar mempercepat realisasi APBD untuk memicu pertumbuhan ekonomi, terutama daerah yang realisasinya masih rendah.

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar pada kuartal II tahun 2021  ekonomi nasional naik di atas tujuh persen.

“Untuk yang masih kecil, kami berharap segera melakukan percepatan realisasi. Data ini data bergerak, mudah mudahan data yang disampaikan nanti akan lebih tinggi,” katanya 

Dari data capaian realisasi, posisi kedua ditempati Provinsi Lampung dengan realisasi belanja APBD sebesar 35,02 persen, kemudian Kalimantan Selatan 34,44 persen dan Jawa Barat 33,86 persen.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021