Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menyusun skema penanggulangan aktivitas pemboman ikan oleh para oknum tak bertanggungjawab.

"Banyak informasi yang masuk terkait praktik pencurian ikan (ilegal fishing) menggunakan bom yang dilakukan para oknum, khususnya dari wilayah perairan bagian barat kabupaten ini," kata Wakil Bupati Thariq Modanggu, di Gorontalo, Rabu.

Informasi-informasi tersebut langsung ditanggapi.

"Saya mendatangi kantor Dinas Kelautan dan Perikanan untuk melakukan kajian awal. Sekaligus langkah-langkah dan skema penanggulangan praktik ilegal fishing," katanya.

Skemanya harus tersusun komprehensif dan berkelanjutan. Mengapa pendekatannya seperti itu?

Sebab kewenangan melakukan pengawasan di area perikanan laut katanya, adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo.

Maka Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, mengambil langkah proaktif membantu dan mendukung sepenuhnya pengawasan dan penertiban aktivitas perikanan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Harapannya kata dia, kajian awal ini segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah pelibatan berbagai unsur dan pemangku kepentingan (stake holder) dalam pengawasan perikanan di wilayah perairan tersebut.

Termasuk berkoordinasi dengan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dalam upaya memberantas ilegal fishing.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021