Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, angka stunting atau kekerdilan di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo mengalami penurunan drastis dari 32 persen menjadi sembilan persen.

"Penurunan angka stunting merupakan salah satu program pemerintah daerah yang dilakukan secara terintegrasi dan terus-menerus," ujarnya di Gorontalo, Selasa.

Bupati Nelson PomalingoIa mengatakan, untuk memastikan program itu berjalan maksimal, Pemerintah Provinsi Gorontalo (Pemprov) melakukan penilaian kinerja pelaksana aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo.

Pelaksanaan aksi konvergensi adalah, upaya membina dan mengawasi kinerja di masing-masing Kabupaten/Kota, dalam meningkatkan kebutuhan publik untuk percepatan penanganan stunting secara nasional.

"Kabupaten Gorontalo telah selesai menyampaikan dan melaporkan secara maksimal, baik itu pelaksanaan kegiatan maupun bukti – bukti," ucap Nelson.

Ia menjelaskan jika kasus stunting di Kabupaten Gorontalo harus terus ditekan, sebab anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang benar-benar harus dijaga dan diperhatikan.

Nelson Pomalingo pun menyebut diperlukan kerja sama dan koordinasi lintas sektor dan program untuk menekan Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI) dan stunting.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021