Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, akan segera melakukan lelang proyek yang teranggarkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2013.

"Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sengaja didesak segera melakukan lelang proyek, agar pelaksanaan pekerjaan infrastruktur di daerah ini bisa berjalan tepat waktu," Kata Bupati Indra Yasin, Minggu, pada agenda sosial kemasyarakatan yang dilakukannya di Kecamatan Kwandang.

Menurut bupati, lelang proyek yang terlambat dilakukan, sangat berpengaruh pada kualitas pekerjaan karena waktu yang diberikan pemerintah daerah kepada pihak rekanan yang sangat terbatas.

Jangan sampai rekanan didesak merampungkan pekerjaan untuk mengejar batas waktu, yang tanpa kita sadari akan menimbulkan permasalahan pembangunan infrastruktur di daerah ini, akibat minimnya kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

"Pemerintah daerah khususnya para pelaksana tender proyek, harus bekerja maksimal sesuai perencanaan dan target capaian realisasi program pembangunan yang diharapkan, sehingga tidak terhambat karena rendahnya etos kerja para aparatur pemerintahan," Kata Bupati.

Penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2013, sudah dilakukan kepada seluruh SKPD.

Sehingga para pimpinan dan panitia lelang didesak segera menyiapkan dokumen dan persyaratan lain yang dibutuhkan untuk proses lelang sejumlah proyek yang teranggarkan pada APBD tahun 2013.

"Kami sudah meminta seluruh pimpinan SKPD segera mengadakan pertemuan dengan stafnya, guna mempersiapkan pelaksanaan tender proyek," kata Bupati.

Dia berharap tidak ada lagi alasan penundaan pelaksanaan tender yang berdampak besar pada tertundanya pelaksanaan pekerjaan.

Menurut dia, kejadian pada tahun anggaran sebelumnya, dimana pelaksanaan pekerjaan yang bertumpuk di akhir tahun sangat berpengaruh pada kualitas dan efektivitas pekerjaan serta capaian realisasi proyek 100 persen.

Masyarakat terus menunggu realisasi pekerjaan khususnya infrastruktur publik, agar bisa segera dimanfaatkan. Seperti proyek pembangunan jalan, jembatan, irigasi dan infrastruktur lainnya. ( Susanti Sako )

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013