Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta agar kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) setempat menjadi pelopor perubahan.

Hal itu diungkapkan Bupati Indra Yasin dalam sambutan, usai mengukuhkan kepengurusan KNPI Kabupaten Gorontalo Utara di aula Gerbang Emas kantor bupati setempat, Senin.

Sikap kepeloporan yang harus ditunjukkan organisasi kepemudaan ini, kata ia, dengan mengawal jalannya pembangunan daerah seperti aktif memberikan sumbang saran, pemikiran konstruktif dan kritikan.

Pelantikan 136 pengurus KNPI Kabupaten ini dinilainya sangat luar biasa, sebagai tanda bangkitnya semangat pemuda di daerah ini yang diharapkan mampu merangkul seluruh organisasi kepemudaan agar lebih kreatif serta maju terdepan.

Ia pun berharap agar KNPI menjadi motor penggerak pemuda di daerah, supaya bersama-sama Pemerintah Daerah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"KNPI harus bisa menggerakkan potensi pemuda-pemudi di daerah ini agar dapat memberikan pelayanan maupun mendukung program Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Ia menilai, partisipasi aktif para pemuda harus bisa lebih dimaksimalkan dalam rangka mendukung jalannya pembangunan di daerah, sebab pemuda harus lebih peduli dan kritis terhadap berbagai permasalahan yang menjadi isu di tengah masyarakat.

Oleh karenanya peran pemuda sebagai "partner" Pemerintah Daerah sangat diperlukan sehingga harus bersifat membangun, pemberi masukan dan kritikan serta sebagai pembawa semangat perubahan.

"KNPI harus menjadi organisasi kemasyarakatan sebagai mitra Pemerintah, dengan memiliki program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," imbuhnya.

Ketua KNPI Gorontalo Utara, Marten Biki berharap, agar terbentuknya organisasi tersebut di daerah ini menjadi wadah bersatunya para pemuda setempat.

Serta mampu melahirkan ide-ide kreatif yang akan disumbangkan untuk pembangunan daerah ini serta mendorong kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015