Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo menggelar Pelatihan Potensi SAR Vehicle Accident Rescue di Balai Pengembangan PAUD Pendidikan Usia Dini dan Dikmas, Kabupaten Gorontalo.

Kepala Basarnas Gorontalo, I Made Junetra di Gorontalo, Rabu, mengatakan kegiatan itu diikuti oleh 50 peserta dari berbagai instansi dan organisasi di Provinsi Gorontalo.

Pelatihan Potensi SAR Vehicle Accident Rescue adalah salah satu program tahunan Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo untuk lebih mengedukasi kepada semua pihak tentang tugas dan fungsi Basarnas dalam penanganan kecelakaan Lalu lintas.

"Pelatihan ini adalah salah satu upaya untuk membekali dan memberikan edukasi kepada para peserta pelatihan dengan kemampuan teknis Pertolongan pada Kecelakaan Lalu lintas," ujarnya. 

Junetra menjelaskan, penyelenggaraan Pelatihan Potensi Vehicle Accident Rescue menjadi implementasi dari misi Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo untuk menyelenggarakan kegiatan pencarian dan pertolongan yang didukung oleh Potensi SAR yang terlatih dan profesional, serta SOP yang sesuai dengan ketentuan Basarnas.

"Kegiatan Pelatihan Potensi Vehicle Accident Rescue akan dilaksanakan selama kurang lebih empat hari, terdiri dari tahap pembekalan teori atau materi di kelas, praktek kering, dan simulasi evakuasi korban kecelakaan yang terjebak di dalam mobil," bebernya.

Selama masa pembekalan teori di kelas, para peserta pelatihan mendapatkan sejumlah materi, diantaranya Manajemen Operasi SAR, Pengenalan Peralatan VAR, Stabilisasi Ken-daraan, Pembuatan Akses Pada Kendaraan, Ekstrikasi Korban, dan Penanganan Korban Pra Rumah Sakit. 

"Di akhir masa pelaksanaan Pelatihan Vehicle Accident Rescue Jumat, 6 Agustus 2021, para peserta akan diuji kemampuan individunya guna menentukan nilai kelulusan mereka. Oleh karenanya, selama mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan untuk mampu menyerap semua ilmu yang diberikan para instruktur dengan baik," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021