Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo menyelenggarakan kegiatan Program Sosial dengan tema “Peduli COVID-19” dan “Bank Indonesia Berbagi” di Kota Gorontalo.

Deputi Kepala KPw BI Provinsi Gorontalo, Miftahul Huda di Gorontalo, Rabu, mengatakan target Bank Indonesia pada program itu adalah 567 pengemudi bentor yang merupakan salah kelompok profesi jasa transportasi terbanyak di Gorontalo yang terdampak operasionalnya akibat Pandemi COVID-19. 

"Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tersebut bertujuan untuk mendorong pemulihan dampak COVID-19 kepada masyarakat yang terdampak dan mendukung pemulihan ekonomi di Provinsi Gorontalo," ujarnya.

PSBI peduli COVID Bentor ini merupakan tahap kedua dan terakhir penyaluran bantuan sosial, setelah tahap pertama dilaksanakan di Bulan Mei 2021. Para pengemudi bentor yang menjadi penerima manfaat bantuan sosial juga dilengkapi dengan alat pendukung QRIS berupa stiker dan kalung tanda nama yang menampilkan QR-code QRIS pengemudi tersebut. 

Pemberian bantuan juga diselingi dengan sosialiasi penggunaan QRIS kepada pengemudi bentor. Harapan dari program PSBI kepada pengemudi bentor adalah agar mereka dapat menjadi pioneer perluasan ekosistem pembayaran digital di Gorontalo.

“Program Sosial Bank Indonesia ini tentunya sebagai wujud kepedulian sosial kami kepada para penggerak ekonomi di Gorontalo yaitu moda transportasi bentor yang operasionalnya terhambat COVID-19 dan juga suatu upaya mendorong perwujudan ekosistem pembayaran non tunai melalui perluasan penggunaan QRIS," ucapnya.

Dengan terwujudnya ekosistem pembayaran digital, transaksi dengan pengemudi bentor tidak perlu lagi menggunakan uang cash yang mana metode QRIS lebih Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal; dan tentunya mengurangi risiko penyebaran akibat pertukaran uang secara langsung. 

"Kami berharap kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam mengurangi beban kelompok masyarakat Gorontalo akibat Pandemi COVID-19 yang belum berakhir ini dan juga mewujudkan ekosistem pembayaran nontunai, terkhusus di komunitas pengemudi bentor," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021