Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Wisatawan mancanegara peserta "rally yacht" pada Sail Tomini dan Festival Boalemo antusias menyaksikan Festival Saronde yang digelar Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, di Pulau Saronde.

Wakil Bupati Roni Imran di Gorontalo, Selasa, mengatakan kegiatan tahunan tersebut kali ini istimewa sebab dihadiri para wisatawan "Yachters" yang singgah di Pulau Saronde sejak hari Minggu (30/8).

Biasanya kegiatan tersebut digelar awal tahun, namun kali ini sengaja dilakukan bersamaan dengan jadwal kedatangan para peserta "rally yacht" yang memilih Gorontalo Utara, khususnya Pulau Saronde sebagai salah satu titik singgah sebelum mereka melanjutkan perjalanannya ke Kabupaten Boalemo.

"Kita beruntung dikunjungi para Yachters, sehingga Pemerintah Daerah menyambutnya sebagai wisatawan asing bukan tamu agar mereka benar-benar menikmati keindahan pariwisata bahari dan ingin berulang-ulang datang ke daerah ini," ujar Wakil Bupati.

Deane, salah satu Yachter dari Australia mengaku senang bisa menyaksikan Festival Saronde yang dikemas sangat menarik dan dihadiri ribuan pengunjung. "Saya sengaja menunda perjalanan bersama isteri agar bisa menyaksikan Festival Saronde," ujarnya.

"Kegiatannya sangat sederhana, tidak terlalu menyita waktu bahkan kami dilibatkan pada rangkaian festival yang jarang kami temui saat singgah di beberapa wilayah di Pulau Sulawesi," kata Deane.

Menurut dia, budaya seperti itu harus dipertahankan sebab Gorontalo Utara kaya akan adat istiadat yang dikemas dalam sebuah festival.

Marine, salah seorang Yachter dari Belanda pun mengakui hal yang sama. Ia bahkan terkesima saat diberi kesempatan melepas balon tanda dibukanya festival.

"Saya harus kembali lagi tahun mendatang, sebab Gorontalo Utara begitu indah dan festival ini sangat menarik," ujarnya yang sengaja mengenakan kebaya karawo pemberian masyarakat pada saat menghadiri tarian Saronde di Pelabuhan Kwandang.

Wisatawan mancanegara di antaranya dari Amerika, Belanda, Polandia dan Australia akan berada di Pulau Saronde untuk menghadiri Sail Tomini dan Festival Boalemo. Mereka rata-rata akan berada di Pulau Saronde selama 3 hari untuk selanjutnya berlayar menuju Bitung dan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015