Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, segera mengevaluasi penyaluran bantuan sosial dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Evaluasi penyaluran bansos disampaikan Wakil Ketua II DPRD setempat, Hamzah Sidik di Gorontalo, Senin.

Pihaknya kata dia akan memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya pengawasan penyaluran bansos, agar tepat sasaran dan tepat waktu.

"Evaluasi pun akan dilakukan sebagai upaya mendorong penyaluran bansos yang semakin baik. Intinya semakin lancar dan cepat diterima masyarakat sasaran dengan tujuan memulihkan ekonomi dan menjaga ketahanan keluarga di tengah wabah ini," katanya.

Evaluasi tersebut akan dilakukan faktual, juga dalam bentuk rapat bersama instansi penanggungjawab penyaluran bansos.

Agar dapat dievaluasi dengan seksama. "Jika menemukan kendala dalam penyaluran kita segera cari solusinya. Jika lancar, tentu kita mensyukurinya untuk semakin ditingkatkan," kata dia.

Evaluasi tersebut akan dilakukan menyeluruh untuk seluruh jenis bansos.

Diprioritaskan pada data penerima agar tidak ada lagi data ganda. Termasuk mekanisme dan data sasaran, apakah sesuai kriteria penerima.

Dalam beberapa kesempatan penyaluran bansos, DPRD juga ikut menyalurkannya.

Ke depan, DPRD akan semakin membuka ruang diskusi dengan masyarakat sasaran atau keluarga penerima manfaat terkait manfaat bansos di masa pandemi ini.

"Ini akan sangat bermanfaat untuk pemerintah daerah, sebagai masukan atau perbaikan penyaluran bansos," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021