Wakil Ketua III Satuan Tugas COVID-19 Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo yang juga Kapolres Gorontalo Utara, AKBP Dicky Irawan Kesuma, mengatakan pihaknya membuka Gerai Vaksinasi di tempat strategis seperti pasar-pasar tradisional di daerah itu.

"Kita memulai sistem jemput bola dengan menyiapkan Gerai Vaksinasi COVID-19 di area-area publik seperti pasar-pasar yang menjadi lokasi strategis didatangi masyarakat, dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi di daerah ini," katanya di Gorontalo, Minggu.

Tujuan utama gerai vaksinasi disiapkan di pasar dimulai dari Pasar Pontolo Kecamatan Kwandang, adalah untuk meningkatkan persentase capaian target harian dan target kabupaten yang masih sangat rendah.

Masih 77 persen lagi, sasaran penerima vaksinasi COVID-19 yang belum divaksin.

Kita tidak bisa 'jaga warung' terus dengan hanya menggelar vaksinasi di fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu di Puskesmas.

"Diperlukan inovasi untuk menaikkan persentase capaian, sebab masyarakat banyak yang enggan ke Puskesmas karena malas datang, takut divaksin karena banyaknya hoaks. Takut jarum suntik, tidak ada biaya transportasi karena jarak Puskesmas yang jauh, maka kita harus berinovasi," katanya.

Membuka gerai di pasar merupakan salah satu strategi mendekatkan pelayanan vaksinasi.

Jika terjadi penolakan seperti di pasar Pontolo oleh sebagian masyarakat, kata dia, dinilai wajar.

Mengingat pasar adalah tempat publik dan vaksinasi wajib. Maka orang yang akan datang ke tempat publik harus sudah divaksin agar tidak mudah tertular ataupun yang terpapar tidak mudah menularkan virus.

"Boleh tidak divaksin tapi jangan mendatangi tempat publik, dan yang mau divaksin silahkan mendatangi Puskesmas maupun Gerai Vaksinasi yang disiapkan. Kita tidak melarang-larang tapi kewajiban vaksin telah disertai dengan penyiapan fasilitas yang mudah ditemukan di tempat strategis," katanya lagi.

Vaksinasi COVID-19 juga akan dilakukan di sekolah-sekolah dan balai desa atau dipusatkan di lapangan desa agar memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya.
Wakil Ketua III Satgas COVID-19, Kapolres Gorontalo Utara AKBP Dicky Irawan Kesuma, melakukan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan vaksinasi di Pasar Pontolo Kecamatan Kwandang. (ANTARA/HO-Polres Gorontalo Utara)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021