Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta panitia lokal Festival Boalemo, menyediakan tempat sampah dalam jumlah memadai, untuk menjaga kebersihan di Pantai Bolihutuo selama kegiatan itu berlangsung.

"Kadang-kadang panitia memikirkan hal-hal besar dan mengabaikan hal kecil seperti tempat sampah. Jika tempat sampah tidak memadai maka pantai akan dipenuhi sampah dari para pengunjung," ungkapnya di Gorontalo, Sabtu.

Selain itu, gubernur berharap pasokan air bersih, toilet yang didukung sanitasi yang baik di Pantai Bolihutuo bisa terpenuhi dengan baik.

Menanggapi hal itu, Direktur Operasional dari PT Qualita Prima Pariwara Yorri Karebet sebagai "Event Organizer" Festival Boalemo menjelaskan pihaknya akan menyediakan sekitar 40 tempat sampah dalam berbagai ukuran di lokasi utama kegiatan.

"Ada tempat sampah dari dinas lingkungan hidup dan dinas terkait lainnya. Akan kami atur jaraknya antar tempat sampah untuk memudahkan pengunjung membuang sampah di lingkungan pantai dan panggung," ujarnya.

Sementara untuk ketersediaan toilet dan air bersih, EO akan menyediakan 35 toilet yang terdiri dari 12 toilet portabel, 14 toilet permanen dan mobil toilet yang berisi 9 bilik dari Dinas Pekerjaan Umum.

Festival Boalemo merupakan rangkaian dari Sail Tomini yang akan digelar di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Festival Boalemo akan digelar pada 10-14 September 2015, yang direncanakan dibuka langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla serta dihadiri beberapa menteri dan perwakilan negara-negara sahabat.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015