Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menggelar kurasi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk membantu pemasaran ke retail modern di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah Tayeb di Gorontalo, Jumat, mengatakan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah kurasi tersebut dilakukan untuk mengembangkan UMKM di masa pandemi COVID-19.

"Pak Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo berharap untuk memajukan dan mengembangkan UMKM, apalagi di masa pandemi saat ini," ujarnya.

Ia mengaku jika UMKM harus dibina, dibimbing agar kualitas produk mereka meningkat dan meyakinkan konsumen.

"Baik dari segi kemasan maupun kualitas produk sehingga bisa dipasarkan di jaringan retail modern seperti Alfamart," ungkap Hadijah.

Sekda menjelaskan jika Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Gorontalo dapat memfasilitasi pengurusan surat izin yang dibutuhkan para pelaku usaha tersebut, seperti izin usaha menyangkut kesehatan, perizinan dari PTSP, izin produk halal, dan BPOM.

"Persyaratan dulu untuk yang bisa dijangkau di Kabupaten Gorontalo, misalnya izin usaha menyangkut kesehatan, perizinan dari PTSP, izin halal, dan nomor dari BPOM, supaya memang produknya betul betul diyakini," bebernya.

Hadijah menambahkan, bila produk lokal tampil dengan kemasan menarik dengan isi produk yang bersaing dan memiliki izin-izin lengkap, maka produk UMKM di wilayah Kabupaten Gorontalo bisa bersaing dengan UMKM dari luar daerah yang kini mulai membanjiri pasar Gorontalo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021