Bupati Bone Bolango, Hamim Pou berharap Desa Ulantha, Kecamatan Suwawa mampu menjadi pelopor dalam hal pengolahan sampah di tingkat kabupaten, Provinsi Gorontalo.

Hal tersebut disampaikan oleh Hamim Pou saat serah terima dan peresmian Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R di Desa Ulantha, Jumat.

Hamim Pou mengatakan TPS 3R di Desa Ulantha sangat cocok dibangun di wilayah tersebut. Sebab menurutnya Desa Ulantha merupakan pusat pemerintahan di Kabupaten Bone Bolango. 

"Disini seperti blok plan kecil, karena menjadi pusat pemerintahan. Olahraga berkelas juga disini ada tempatnya seperti berkuda dan memanah," kata Bupati Hamim. 

Hamim Pou menjelaskan, dengan diresmikannya TPS 3R tersebut, dapat mengurangi penyebaran sampah di lingkungan sekitar, sehingga dapat dikelola dan dimanfaatkan kembali dengan baik. 

"Sudah ada empat TPS 3R di Kabupaten Bone Bolango. Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Gorontalo, Nurdiana Habibie mengungkapkan TPS 3R di Desa Ulantha dibangun dari usulan dari masyarakat setempat. 

"TPS 3R ini sangat bagus jadi harus dimanfatkan dengan baik karena baru sekitar 60 persen TPS di Bone Bolango yang bisa berjalan," ungkapnya. 

Ia menambahkan pihaknya akan terus melakukan evaluasi proses pemanfaatan TPS 3R sehingga bisa bermanfaat untuk pengolahan, pemilahan, dan penggunaannya kedepan.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021