Masyarakat Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo melakukan pembenahan sejumlah fasilitas, untuk menyambut Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mandiri Pariwisata, terus melakukan pembenahan tiga destinasi yang ada di desa tersebut, yakni taman wisata religi Bubohu, Masjid Walima Emas, dan Pantai Dulanga,.

Ketiga destinasi itu berhasil masuk dalam nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

“Untuk penilaian 10 besar, kami akan dikunjungi langsung  Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno bersama tim ADWI. Berbagai persiapan yang dilakukan yaitu sarana dan prasarana,” ungkap Ketua Pokdarwis Muhlis Panai di Gorontalo, Kamis.

Menurutnya kategori penilaian ADWI 2021 meliputi homestay atau tempat penginapan, toilet, suvenir, desa digital, konten kreatif, dan daya tarik wisata.

Kategori lainnya adalah CHSE yaitu Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan).

“Untuk taman wisata religi Bubohu pembenahan sudah mencapai 75 persen, masjid walima emas sekitar 80 persen, dan Pantai Dulanga kurang lebih sudah 90 persen,” ungkapnya.

Sementara itu penanggung jawab destinasi Pantai Dulanga, Yamin Nusi mengatakan pihaknya membenahi gerbang, sejumlah titik swa foto, serta ayunan di tepi pantai.

Pantai Dulanga juga sudah dilengkapi oleh sarana protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, papan imbauan, termasuk masker untuk pengunjung yang tidak menggunakannya.

Menurutnya masyarakat setempat secara sukarela ikut kerja bakti dalam seminggu terakhir, karena ingin desa tersebut tampil di kancah nasional dan internasional.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021