Presiden Joko Widodo menyerahkan 265 sertifikat Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) untuk Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Penyerahan tersebut dilakukan secara virtual dari Istana Negara, bersamaan dengan 26 Provinsi lainnya se Indonesia dan diikuti oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dari rumah dinas gubernur.

Bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021, Jokowi menyerahkan 124.120 sertifikat tanah hasil redistribusi di 26 provinsi serta 127 kabupaten dan kota.

Kakanwil BPN Gorontalo Wartomo menjelaskan pada tahun 2021, sertifikat TORA untuk provinsi Gorontalo berjumlah 3.375 sertifikat dan baru diserahkan sebanyak 265.

Sisanya merupakan tanah pelepasan kawasan hutan yang ada di Kabupaten Boalemo, Gorontalo Utara dan Bone Bolango.

“Target kami 3.375 sertifikat. Sudah diserahkan tadi 265 untuk tanah trans yang ada di Kabupaten Gorontalo. Sisanya untuk lokasi pelepasan hutan dan akan diselesaikan pada tahun anggaran ini,” kata Wartomo

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Agraria dan Tata ruang/Kepala BPN yang terus membantu mengupayakan penyertifikatan tanah rakyat.

“Hari ini kita patut bersyukur dan bergembira bahwa sampai-sampai masalah pertanahan di urus langsung oleh pak Presiden, ini yang hebat. Beliau sangat paham, sangat tahu apa yang dirasakan masyarakat,” kata Rusli.

Selain sertifikat tanah TORA ini, gubernur juga mengingatkan kepada BPN dan pemerintah kabupaten/kota untuk mengejar target sertifikasi tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 30 ribu bidang tanah.

Ia berharap PTSL sudah selesai pada Oktober 2021.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021