Kepala Bidang Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Gorontalo, Aris Gunawan mengatakan sebanyak 78,2 persen pekerja di Kabupaten Bone Bolango telah terlindungi atau terdaftar dalam program perlindungan.

"BPJS Ketenagakerjaan sudah mengakomodir dan mengakuisisi tenaga kerja, baik formal maupun informal dalam program perlindungan Jamsostek, totalnya sudah mencapai 78,2 persen," ujarnya usai sosialisasi perluasan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Bone Bolango, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk melindungi jaminan sosial terhadap para pekerja awalnya masih BPJamsostek hanya melindungi tenaga kerja formal.

Namun setelah beralih menjadi BPJS Ketenagakerjaan, maka pihaknya sudah melindungi tenaga kerja, bukan hanya di sektor formal, tapi juga di sektor informal. 

“Dulu kita hanya melindungi para pekerja di sektor formal melalui Jamsostek. Namun saat ini, bukan hanya para pekerja formal yang kita lindungi, tapi kita sudah kembangkan kepada para pekerja informal," ujarnya.

Pekerja informal yang dimaksud, meliputi petani, nelayan, peternak, yang pembawa bentor, pengusaha kue, dan lain sebagainya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021