Wakil Ketua DPR, koordinator bidang industri dan pembangunan, Rachmat Gobel, menyebut, Pelabuhan Anggrek di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, sebagai lokomotif pembangunan ekonomi di daerah itu.

"Gorontalo tidak boleh stabil dalam kemiskinan, maka di era globalisasi ini diperlukan perubahan besar untuk memajukan daerah dan menyejahterakan rakyatnya," katanya, di Gorontalo, Selasa, pada peresmian pengelolaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT).

Menghadapi globalisasi kata dia, kalau tidak melakukan perubahan besar maka Kapolda akan repot, Danrem akan repot, Kajati pun akan repot karena masalah-masalah sosial akan timbul dengan sangat luar biasa.

Ia sendiri mengaku sering datang ke daerah-daerah untuk melihat langsung potret kemiskinan dengan baik.

"Dengan datang dan melihat langsung, mendengar aspirasi, akan mudah mencari solusi mengatasi kemiskinan," katanya.

Olehnya, keinginan kuat merubah potret kemiskinan di Gorontalo menjadi daerah termakmur merupakan misi terbesar dalam pembangunan Pelabuhan Anggrek, apalagi Gorontalo dikenal sebagai daerah Serambi Madinah.

Sehingga keberadaan pelabuhan, diharapkan mendorong pembangunan ekonomi nasional, sebagaimana rencana dalam 30 tahun ke depan.

Membangun Pelabuhan Anggrek katanya pula, tidak sekadar mengelola pelabuhan untuk mencari untung namun dampaknya sangat besar bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Gorontalo.

Kekuatan potensi kelautan dan perikanan, pertanian serta perkebunan yang sangat luar biasa, ditambah sumber daya manusia (SDM) yang jika disentuh sedikit saja pasti akan menjadi sangat produktif.

Sangat diyakini akan mudah berkembang seiring pembangunan pelabuhan tersebut.

Yang perlu dicatat kata Rachmat, bahwa misi besar acara peresmian KPBU itu, adalah merubah peta Gorontalo dari daerah miskin menjadi makmur.

Untuk mendorong dan membangun kehormatan harkat dan martabat rakyat Gorontalo.
Wakil Ketua DPR, Rachmat Gobel bersama Plt Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub dan Wakapolda Gorontalo, dalam seremoni penandatanganan pengelolaan KPBU Pelabuhan Anggrek-Gorontalo. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021