Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, meninjau pembangunan jaringan listrik di wilayah terpencil di bagian barat kabupaten tersebut.

Anggota Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan di Gorontalo, Sabtu, mengatakan meski harus menyusuri jalan terjal untuk masuk ke Dusun Ulea Desa Lelato, Kecamatan Sumalata, namun hal itu tetap dilakukannya.

"Kami turun bersama pihak PLN, untuk meninjau langsung pembangunan saluran udara tegangan menengah (SUTM), saluran udara tegangan rendah (SUTR) dan gardu, di dusun yang belum pernah menikmati penerangan listrik tersebut," kata Wisye.

Wilayahnya memang sangat terpencil, bahkan kata masyarakatnya, biasanya mereka menggunakan trasnportasi laut agar bisa ke pusat desa dan kecamatan.

Namun saat cuaca ekstrem, masyarakat sering tidak keluar kampung karena terbatasnya akses transportasi.

Komisi III DPRD Gorontalo Utara dan PLN, juga meninjau kondisi yang sama di beberapa dusun di Desa Puncak Mandiri, yang juga belum terjangkau fasilitas penerangan listrik.

Bersyukur, kata Wisye lagi, seluruh jaringan yang telah terpasang, direncanakan segera berfungsi pada pekan depan.

"Terima kasih kepada pihak kontraktor dan PLN, yang juga memasangkan gratis penerangan listrik untuk 2 gedung gereja di Dusun Ulea. Kami sengaja mengawal program ini agar masyarakat bisa secepatnya menikmati penerangan listrik," katanya pula.

Ia menuturkan, akses transportasi ke dusun tersebut sangat menantang. Kendala tersebut menyulitkan pembangunan jaringan listrik.

Namun berkat kerja sama dan dorongan kita bersama, akhirnya masyarakat di Ulea dan dusun terpencil di Puncak Mandiri, segera menikmati penerangan listrik.

Semoga kata dia, infrastruktur tersebut segera berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi desa.

Masyarakat pun semakin termotivasi untuk menjalankan aktivitasnya lebih panjang. Sebab saat hari mulai gelap, mereka sulit beraktivitas lebih lama.

"Kami berharap, aktivitas masyarakat bisa lebih meningkat dan semakin sejahtera dengan adanya program listrik menjangkau wilayah terpencil. Desa Lelato pun segera naik status menjadi desa maju dan sejahtera," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021