Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Gorontalo menggelar pelatihan yang dikemas dalam Daya Desa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di SDN 18 Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb di Gorontalo, Sabtu, mengatakan seni musik tradisional Gorontalo Maruasi dan tari dana-dana menjadi materi pada pelatihan itu.

Menurut dia, maruasi dan dana-dana merupakan perpaduan yang luar biasa menampilkan nuansa seni yang mengagumkan jika dimainkan bersama.

Oleh karena itu Hadijah menilai, khasanah budaya Gorontalo tersebut sangat tepat menjadi bahan pembahasan pelatihan di lingkungan pendidikan.

“Budaya lokal mo marwasi wau o dana-dana (main marwas dan menari dana-dana) perlu dilestarikan. Mengingat generasi mudah sekarang lebih cenderung pada hal yang bersifat budaya luar negeri," jelas Hadijah.

Pada pelatihan yang diselenggarakan mulai tanggal 12-14 November Tahun 2021 itu, Hadijah berharap, program Daya Desa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  akan mendorong generasi muda Gorontalo untuk mencintai budaya daerah sendiri.

"Dengan adanya program Kemendikbud ini, Daya Desa bisa dikembangkan serta berkelanjutan di desa lain yang berada di Kabupaten Gorontalo," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021