Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Kabupaten Gorontalo kembali menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, Selasa, menerima langsung penghargaan atas keberhasilan pemerintah daerah (pemda) dalam pengembangan KLA, dan mengaku bangga atas prestasi yang diraih tersebut.

"Ini adalah penghargaan bagi rakyat, khususnya para ibu dan tenaga kesehatan yang serius memprioritaskan tumbuh kembang anak secara terfokus," ungkap Bupati.

Apalagi kata bupati, apresiasi tersebut terwujud bertepatan pada rangkaian puncak peringatan Hari Anak Nasional tahun 2013, sehingga dirinya bisa mewakili rakyatnya menerima penghargaan langsung dari Menteri PPPA, Linda Agum Gumelar, di Jakarta.

Upaya pemda dalam memenuhi hak-hak anak sangat berat karena penuh tantangan, khususnya membangkitkan kecerdasan para ibu dalam menciptakan generasi sehat, kuat dan cerdas.

Beruntung kata bupati, seperti yang diungkap ibu menteri bahwa pengembangan KLA di daerah ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari seluruh pihak, baik legislatif, yudikatif dan swasta.

Bupati berkomitmen, jika daerah yang dipimpinnya itu, akan mendukung program Asosiasi Pengusaha untuk Perlindungan Anak Indonesia (APSAI) dan dijalankan optimal di daerah ini.

Saat ini masyarakat sudah menikmati hasil kerja keras dalam menerapkan program KLA, termasuk diiinternal Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berhasil mensinkronkan programnya dengan kebutuhan masyarakat.

Ke depan pemda akan melakukan penguatan terhadap program tersebut, dengan membentuk peraturan daerah tentang KLA yang akan menjamin hak-hak anak di daerah ini.

Pewarta: Oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013