Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, terus menggenjot produksi perikanan budidaya melalui program usaha mina pedesaan (PUMP) dan sistem kredit.


Bupati Gorontalo, Indra Yasin, Kamis, mengatakan, target produksi perikanan budidaya akan dicapai jika Pemkab giat mendorong kelembagaan kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) melalui penyediaan modal, pasar, teknologi dan perlindungan sosial budaya.


Karena itu kata dia tahun 2013 ini Pemkab menyalurkan bantuan kepada 9 Pokdakan, senilai Rp585 juta yang akan disebar di Kecamatan Atinggola, Sumalata, Monano, Anggrek, Kwandang dan Ponelo Kepulauan.


Sebelumnya Pemkab menyalurkan bantuan yang sama pada tahun 2012 kepada 10 Pokdakan, senilai Rp650 juta.


Pemkab juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak perbankan, untuk menggiatkan bantuan usaha masyarakat dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR).


Bantuan ini dikhususkan untuk kelompok masyarakat yang bergerak pada usaha kecil dan menengah, termasuk usaha perikanan tanpa agunan namun bisa dijadikan jaminan.


Sistem kredit kata bupati, akan memudahkan kelompok pembudidaya ikan untuk mendapatkan akses modal agar bisa menjalankan usahanya meningkatkan produksi perikanan.

Pewarta: oleh Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013