Gorontalo, (ANTARA GORONTALO) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Syukri Botutihe mengatakan, daerahnya saat ini fokus pada pengembangan infrastruktur energi, dalam upaya membangun daerah lebih maju.

Hal itu disampaikannya sekda saat menerima jajaran Direktorat Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di ruang pola Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis.

Syukri menjelaskan, di tengah Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kabupaten Bone Bolango periode 2015-2019 yang mulai diterapkan, Bappenas sepertinya tertarik dengan pengembangan pengelolaan energi di daerah tersebut.

"Mereka mengusulkan strategi perencanaan pengelolaan energi kepada kita dan hal itu kita sambut baik," kata Syukri.

Pemkab Bone Bolango fokus pada peningkatan ratio elektrifikasa daerah dalam upaya peningkatan akses rumah tangga terhadap listrik.

Hal itu akan dilakukan pengembangan jaringan listrik pedesaan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango.

"Bone Bolango fokus pada pengembangan infrastruktur energi guna peningkatan ratio elektrifikasi dan desa berlistrik, melalui pengambangan daya dan jaringan listrik," kata Syukri.

Selain itu diversifikasi energi akan dilakukan dengan mengoptimalkan pemanfaatan energi baru dan terbarukan, yang diarahkan pada wilayah terpencil terisolasi yang tidak terjangkau oleh jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan rasio eleftrifikasi di bawah rata-rata kabupaten.

Wakil Direktorat Sumber Daya Energi yang datang berkunjung ke Kabupaten Bone Bolango tersebut adalah, Hanggono, Nizhar Marizi, Deasi Triani dan Dian Novita Sari yang diterima langsung oleh Syukri Botutihe didampingi Asisten II Nilda Tulen dan Kepala Bappeda Kabupaten Bone Bolango Iwan Mustapa.

Pewarta: Oleh Wahiyudin Mamonto

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2013