Balai Perlindungan Tanaman (Balintan) dari Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo melatih kelompok tani menerapkan tanaman sehat komoditas padi di Desa Bulota, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT), Aman Mootalu di Gorontalo, Jumat, mengatakan pelatihan itu dilakukan dalam program Demonstrasi Area Tanaman Sehat Padi.

"Program ini DEM Area dari pusat dan untuk kelompok-kelompok tani yang ada di Provinsi Gorontalo, khususnya di Kecamatan Telaga Jaya, Kelompok Tani Buhuta Jaya," ujarnya. 

Penerapan budidaya tanaman sehat dimulai dari proses pemilihan benih unggul, perlakuan benih untuk meningkatkan pertumbuhan dan keseragaman perkecambahan, pengolahan tanah, peningkatan populasi.

Selain itu dibutuhkan peran mikroorganisme menguntungkan melalui pemanfaatan jerami, penambahan pembenah tanah organik, pengelolaan OPT secara hayati menggunakan pestisida biologi dan nabati.

Penerapan teknik budidaya tanaman padi sehat dengan benar diharapkan akan semakin meningkatkan kesehatan lingkungan dan pada akhirnya akan semakin meningkatkan kesehatan pelaku pertanian (petani) dan konsumen produk pertanian.

Program DEM area tersebut berasal dari Ditlin Tanaman Pangan dan dilaksanakan Oleh Balai Perlindungan Tanaman Pertanian Provinsi Gorontalo.

Selain itu, Balintan Provinsi Gorontalo pun menyerahkan bantuan benih, pupuk hayati, pelatihan pembenahan tanah, pestisida nabati dan pestisida biologi.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022