Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengajak generasi milenial untuk berwirausaha dengan memanfaatkan berbagai potensi lokal dan teknologi informasi yang ada di Provinsi Gorontalo.

"Apalagi sekarang lebih mudah, kita bisa menjual produk lewat platform, aplikasi dan bisa diketahui oleh masyarakat dimana pun berada," kata Bupati Hamim Pou usai Festival Produk Halal Milenial 2022, di Lapangan Ippot Tapa, Minggu.

Menurut Hamim, Kabupaten Bone Bolango memiliki banyak produk-produk unggulan yang bisa bersaing secara nasional.

"Bone Bolango sendiri kita tahu punya kain sulaman Karawo, Kopi organik Pinogu dan juga Gula Aren dari Bulango Ulu. Itu kalau dibuat varian, tentu ini akan menciptakan permintaan yang tinggi di pasaran," ucap Bupati.

Ia mengaku jika pemerintah daerah berperan memfasilitasi dan memberi akses modal, memberi pelatihan, memberikan sarana dan prasarana, termasuk membantu regulasi supaya anak-anak muda ini bisa menjadi individu atau kelompok-kelompok yang mandiri.

"Selama ini anak-anak muda kita cenderung maunya setelah lulus kuliah mau jadi PNS, mau jadi tenaga kontrak, tenaga honorer walaupun gajinya sangat kecil. Ini tidak boleh, sementara lapangan kerja di luar sana terbuka dengan sangat lebar," bebernya.

Bupati Hamim Pou pun menyambut positif dan mengapresiasi pelaksanaan Festival Produk Halal Milenial Provinsi Gorontalo 2022 yang dilaksanakan di Kabupaten Bone Bolango, kerja sama antara Bank Indonesia, Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

"Tadi kita sudah mendengarkan yang dipidatokan oleh pak Rahmat Gobel, bahwa festival ini tidak sekedar pameran, tapi ini untuk menggerakkan emosi dan logika anak-anak muda, anak-anak milenial generasi Z untuk berwirausaha, juga menjadi kesempatan kita menciptakan lapangan kerja baru di era milenial maupun era kekinian ini," pungkas Bupati.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022