Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengajak warga di daerah itu untuk menyadari bahaya rokok.

"Peringatan Hari Anti Tembakau Sedunia dapat menjadi momentum untuk menyadarkan kita semua terhadap bahaya rokok yang merusak kesehatan," kata anggota Komisi II DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Gustam Ismail, di Gorontalo, Selasa.

Kita harus terus menggerakkan sosialisasi tentang bahaya rokok kepada masyarakat, baik kepada perokok aktif maupun pasif.

"Agar dapat sama-sama saling mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan," katanya.

Khusus di lingkungan pemerintah daerah, juga diharapkan terus menerapkan kawasan bebas asap rokok.

Reklame tentang bahaya rokok diharapkan terus dipampang di area publik termasuk kantor-kantor pemerintahan.

Sebab kesehatan mahal harganya dan rokok telah menjadi penyebab kematian yang angkanya cukup tinggi, bahkan terjadi setiap hari menurut data organisasi kesehatan dunia (WHO).

Ia sendiri mengaku menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok bahkan ikut mengkampanyekan bahaya rokok di setiap kegiatan sosial kemasyarakatan yang diikuti.

"Sebab penting sekali bagi kita semua untuk terus saling mengingatkan tentang bahaya rokok. Sehingga kesadaran tersebut diharapkan terpelihara dari lingkungan rumah, interaksi sosial maupun kantor," imbuhnya. ***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022