Ketua Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan pihaknya mendorong dan mendukung percepatan pembangunan masjid raya.

“Kami dari DMI mendorong tanggal 5 Desember 2022 pembangunan masjid raya ini mulai dilaksanakan. Bertepatan dengan momentum ulang tahun Provinsi Gorontalo,” kata Nelson saat bertemu Penjabat Gubernur Gorontalo Hendra Hamka Noer di kantor gubernur, Selasa.

Untuk mendukung percepatan pembangunan tersebut, DMI Provinsi Gorontalo rencananya akan menggelar seminar yang dijadwalkan pada bulan Juli 2022 bertepatan dengan peringatan tahun baru Hijriah.

Nelson menjelaskan, workshop tersebut bertujuan untuk merumuskan segala hal yang berkaitan dengan pembangunan masjid raya.

“Memang rancangannya sudah ada, tetapi banyak hal yang harus kita rumuskan bersama. Seperti kepanitiannya yang tidak hanya Pemprov Gorontalo saja, tetapi harus melibatkan kabupaten, kota dan masyarakat, demikian pula untuk anggarannya. Prinsipnya kita harus keroyok bersama,” kata Bupati Gorontalo itu.

Menanggapi hal itu Hamka Hendra Noer mengapresiasi pengurus DMI Provinsi Gorontalo, yang mendukung dan akan melaksanakan seminar pembangunan masjid raya.

Menurutnya, untuk mempercepat pembangunan masjid raya Gorontalo membutuhkan partisipasi seluruh masyarakat.

“Pemprov Gorontalo mengupayakan pembangunannya bisa dimulai tahun ini. Tentunya butuh peran serta seluruh pihak, masyarakat, dan pemerintah kabupaten dan kota. Selain menjadi pusat kegiatan ibadah, masjid ini nantinya juga sebagai pusat peradaban umat Islam,” kata Hamka.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022