Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menjalin kerja sama perdagangan sapi potong dengan Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Timur untuk meningkatkan perekonomian dan pendapatan asli daerah (PAD).

"Daerah kita berdekatan dan selama ini Kota Tarakan menjadi salah satu daerah tujuan pengiriman ternak sapi potong dari Gorontalo, khususnya Kabupaten Gorontalo Utara. Sehingga kunjungan ini adalah untuk membangun kesepahaman dan tindak lanjut kerja sama di bidang perdagangan sapi dan sektor lainnya, di antaranya pertanian," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Suleman Lakoro di Gorontalo, Rabu.

Dia mengakui bahwa selama ini pengiriman sapi potong dari daerah itu tidak terjadi kendala.

Oleh karena itu, ujarnya, peningkatan jumlah pengiriman atau permintaan sapi potong menjadi target utama dalam kerja sama dengan Pemerintah Kota Tarakan tersebut.

Melalui kerja sama itu, juga dibangun kesepakatan untuk memudahkan pengiriman dan lalu lintas ternak sapi potong serta penjaminan ketersediaan dan kualitas komoditas, penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan usaha dan investasi, alih teknologi, termasuk pemanfaatan sumber daya bersama.

Kesepahaman itu juga ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama antarpelaku usaha dari daerah masing-masing.

"Kita sama-sama bersepakat memudahkan pelaku usaha di masing-masing daerah dalam memenuhi permintaan sapi potong yang diyakini akan berdampak signifikan pada peningkatan perekonomian dan PAD," katanya.

Kunjungan tersebut ditindaklanjuti dengan melakukan peninjauan lapangan serta pertemuan dengan asosiasi dan pelaku usaha sapi potong di Kota Tarakan, yang juga diikuti Kepala Bappeda Faizal Piu dan koordinator program NSLIC Kabupaten Gorontalo Utara Yamin Rajawali.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022