Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Gorontalo, menyebarkan bantuan melalui Program Segelas Beras Bagi Disabilitas di seluruh kabupaten dan kota di daerah itu.

"Kita berupaya menyalurkan bantuan ini secara merata di seluruh kabupaten dan kota di Gorontalo," kata Ketua Perempuan Tani HKTI Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan, di Gorontalo, Minggu.

Khusus di Kota Gorontalo, pihaknya mengawali penyaluran bantuan di Yayasan Ummul Syahidah, bersama ketua dewan kehormatan Perempuan Tani HKTI Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie.

Perempuan Tani HKTI kata Wisye, memberi perhatian bagi seluruh disabilitas di Indonesia termasuk di Gorontalo.

Hal itu penting sebagai bentuk sinergi dengan program pemerintah dalam membantu disabilitas agar keperluan pangan mereka, khususnya beras dapat terpenuhi.

Seperti di Gorontalo Utara, kata anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten tersebut.

Ia berkeliling di seluruh wilayah bahkan di desa-desa pesisir untuk menyalurkan bantuan beras dan bahan pangan lainnya kepada disabilitas.

"Saya menemukan mereka dengan berbagai kondisi. Bahkan ada yang kehidupannya sangat terbatas namun memiliki semangat yang tinggi untuk hidup dan berkarya," katanya.

Banyak pula yang memiliki semangat tinggi untuk bersekolah layaknya anak-anak normal.

Sehingga ia berharap, penyaluran bantuan tersebut tidak sekadar menjadi upaya dalam pemenuhan pangan bagi disabilitas.

Namun dapat mendorong semangat perjuangan mereka yang sangat luar biasa, seperti ingin bersekolah bahkan menjadi penggerak usaha mikro di lingkungannya.

Wisye pun bertekad memperjuangkan kepentingan disabilitas untuk dapat lebih mudah mengakses fasilitas pendidikan di daerah itu.

"Kami akan memperjuangkan agar pemenuhan pendidikan bagi disabilitas dapat terpenuhi. Baik kemudahan mengakses pendidikan formal maupun non formal," katanya.

Program segelas beras untuk disabilitas tersebut diharapkan lestari dan mampu menjangkau seluruh disabilitas tanpa ada yang terlewatkan, baik anak-anak hingga lanjut usia.
Ketua Perempuan Tani HKTI Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan, menyalurkan bantuan sembako melalui Program Segelas Beras Bagi Disabilitas di Yayasan Ummul Syahidah Kota Gorontalo, Minggu (19/6/2022). ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022