Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap pemerintah desa meningkatkan kinerja pembangunan desa masing-masing karena menjadi bagian penentu penting atas perkembangan daerah dan negara. 

"Selalu saya menekankan bahwa pembangunan desa ini sangat penting," kata dia pada rapat koordinasi di Aula Kantor Dinas Pemdes Kabupaten Gorontalo di Gorontalo, Jumat.

Ia mengemukakan kalau pembangunan desa itu baik dan berkembang maka kecamatan, kabupaten, provinsi sampai dengan negara menjadi kuat.

Ia memuji kinerja Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kabupaten Gorontalo yang mendukung percepatan pembangunan daerah setempat.

Hal tersebut, kata Nelson, terbukti dengan berkurangnya jumlah desa tertinggal di daerah itu.

"BPD ini sangat baik. Kita bersyukur lima enam tahun lalu desa sangat tertinggal itu 22 desa. Sangat tertinggal. Terus desa maju tidak ada bahkan desa mandiri tidak ada. Saat ini tidak ada lagi desa sangat tertinggal yang ada desa tertinggal jumlahnya delapan," ucap dia.

Berkat capaian tersebut, ia menilai bahwa kinerja pemerintah desa, BPD, kepala Dinas PMD, dan bupati menunjukkan peningkatan yang berarti.

Pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi itu untuk melihat capaian Rencana Kerja Pemerintah Daerah Triwulan II.

Dalam kesempatan itu, juga berhasil dirumuskan strategi-strategi peningkatan kinerja pemerintah desa tahun depan.

Bupati Nelson berharap, pelaksanaan rapat koordinasi dan evaluasi tersebut mendorong lahirnya kinerja pemerintahan dalam pencapaian Indeks Desa Mandiri (IDM).

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022