Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Gorontalo menggelar Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu.

Kegiatan dengan tema “Digitalisasi UMKM Mendukung Gorontalo Bangkit – Go Digital Go Global” itu berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Juli tahun 2022 di Grand Palace Convention Center.

Pembukaan HACF dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, dan Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Kepala KPw BI Gorontalo, Rony Widijarto Purubaskoro mengatakan, Hulonthalo Art and Craft Festival bertujuan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo dan meningkatkan semangat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Festival ini merupakan event strategic flagship pengembangan UMKM yang mendukung industri kreatif baik fesyen, kerajinan dan olahan-olahan pangan yang memiliki nilai tambah tinggi dan berpotensi ekspor dengan kekhususan value dan keunikan produk karena mengandung nilai budaya dan unsur heritage," ujarnya.

Pada pelaksanaan HACF 2022, Bank Indonesia Gorontalo berkolaborasi dan bersinergi bersama Dinas Pariwisata Provinsi, Diskumperindag Provinsi, Dekranasda Provinsi, Pemerintah Kota Gorontalo, NSLIC, Kadin dan Jurusan Seni Rupa dan Desain Fakultas Teknik UNG untuk menghadirkan serangkaian kegiatan.

Diantaranya, pameran produk unggulan UMKM, business matching pembiayaan dan penjualan, peningkatan kapasitas UMKM, Seminar Nasional, fasilitasi QRIS, perlombaan bertema pariwisata dan ekonomi kreatif, Edukasi QRIS dan Cinta Bangga Paham Rupiah serta, serta hiburan standup comedy dari komika papan atas Indonesia.

Rony menilai, UMKM Gorontalo dapat berperan sebagai bantalan perekonomian daerah karena mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan tingkat kemiskinan dan mempercepat perputaran siklus ekonomi di Bumi Serambi Madinah tersebut.

Oleh karena itu, peningkatan daya saing UMKM harus didorong berbagai hal seperti pembiayaan yang berkualitas dan program-program pengembangan UMKM yang kreatif dan inovatif.

Adapun total UMKM binaan atau mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo berjumlah 44 jenis UMKM yang mengikuti pameran dalam festival tersebut.
Seorang model mengenakan pakaian karnaval di Hulonthalo Art and Craft Festival (HACF) yang digelar Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Gorontalo bersama Pemerintah Daerah, NSLIC, KADIN dan Perguruan Tinggi di Grand Palace Convention Center (GPCC) di Kota Gorontalo, Gorontalo, Rabu (13/7/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022