Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengaku optimistis Wisata Bukit Arang di Desa Lonuo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo akan mampu meraih penghargaan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

"Kita selalu optimistis ya, salah satu kekuatan dan keunikan destinasi Wisata Bukit Arang ini karena medannya yang penuh petualangan," ujar Hamim di Gorontalo, Jumat.

Ia menjelaskan, dari 50 desa wisata yang terbit tahun ini, Ia mendengar langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bahwa desa wisata yang berada di puncak perbukitan ada di Bone Bolango.

"Itu yang lainnya tidak di atas bukit, berarti salah satu pembedanya adalah berada di ketinggian tersebut dengan medan yang mendebarkan jadi itu menurut pak Menteri salah satu kekuatan," ucap Hamim.

Lokasi wisata di Desa Lonuo itu katanya, dapat digunakan untuk paralayang, terjun payung hingga berkemah dengan sumber air bersih yang tersedia, atraksi tarian tradisional serta kuliner

"Karena itu, saya yakin objek wisata bukit arang ini bisa berjalan di level yang lebih tinggi lagi dan bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak kemudian bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," bebernya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi desa wisata yang mengandalkan destinasi Bukit Arang tersebut, Rabu, bersama dewan juri ADWI 2022.

Bukit Arang merupakan lokasi untuk berkemah dengan pemandangan di atas ketinggian 347 Mdpl, yang dilengkapi fasilitas untuk paralayang, sepeda gantung, dan homestay.

Ia mengaku optimistis destinasi tersebut akan dikenal dan berkembang pada skala nasional, karena memiliki potensi yang unik.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022