Sebanyak 12 partai politik (parpol) menghadiri sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2022, tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Yaitu PAN, PDI Perjuangan, Hanura, PKB, PBB, Partai IBU, NasDem, Demokrat, PPP, PKS, Perindo dan Gerindra.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilihan Umum KPU Gorontalo Utara, Mohammad Gandhi Tapu, di Gorontalo, Rabu, mengatakan, pihaknya mengundang partai politik di daerah itu untuk sosialisasikan PKPU tersebut secara langsung.

Yang juga dihadiri pihak Bawaslu Gorontalo Utara, Kapolres dan Dandim 1314 Gorontalo Utara, serta media massa.

"Kita berupaya mengundang semua partai politik khususnya partai-partai baru dan partai non parlemen untuk sosialisasi tentang mekanisme pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah," katanya.

Pihaknya juga berharap, seluruh parpol di daerah itu dapat memahami PKPU nomor 4 tahun 2022 dengan baik, khususnya pada tahapan verifikasi faktual untuk partai-partai baru.

Juga mengetahui tentang rincian program dan kegiatan tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu tahun 2024.

Partai politik yang tidak hadir dapat menyesuaikan, mengingat pentingnya sosialisasi PKPU tersebut untuk diketahui bersama.

Pihaknya pun kata Gandhi, termasuk bersama pihak Bawaslu memberi ruang bagi partai politik yang ingin sosialisasikan langsung tentang PKPU tersebut kepada pengurus maupun anggota partai.

Termasuk menyiapkan 'help desk' bagi parpol yang ingin berkonsultasi langsung di kantor KPU setempat di Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang.

Kegiatan tersebut digelar dalam bentuk pemaparan dan diskusi, yang diharapkan memberi banyak informasi khususnya tentang tahapan pendaftaran partai politik sebagai peserta Pemilihan Umum tahun 2024.***
Sebanyak 11 partai politik di Gorontalo Utara mengikuti Sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 4 tahun 2022, tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022