Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, menyebutkan jika peningkatan pelayanan publik sesungguhnya dimulai dari kesadaran.

"Setiap aparatur sipil negara (ASN) harus memiliki kesadaran sebagai pelayan masyarakat atau publik. Sebab aktivitas penyelenggaraan pemerintahan tidak lepas dari tugas memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata dia, di Gorontalo, Rabu, sebagai narasumber tunggal pada kegiatan pendampingan penilaian penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2022 yang digelar pihak Ombudsman RI Perwakilan Gorontalo.

Kegiatan yang dihadiri organisasi perangkat daerah terkait pelayanan publik se-Provinsi Gorontalo itu, Thariq membagi cerita sukses yang berhasil diraih pemerintahan daerah yang dipimpinnya sebagai daerah peraih penilaian paling baik dalam hal pelayanan publik terbaik tahun 2021.

"Di tahun itu, pelayanan publik di pemerintahan kami mendapat rapor hijau. Ini pencapaian yang sangat luar biasa," katanya.

Beberapa hal yang diterapkan, yaitu menanamkan kesadaran bahwa ASN adalah adalah pelayan masyarakat meski aktivitas penyelenggaraan pemerintahan tidak lepas dari tugas memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kedua, memiliki kepatuhan terhadap seluruh instrumen persyaratan dari aspek-aspek yang dinilai ataupun hal-hal penting dalam pelayanan publik seperti standar operasional prosedur maupun perangkat-perangkat penilaian dalam hal pelayanan publik lainnya yang menjadi dasar bagi Ombudsman dalam memberikan penilaian.

Sehingga seluruh peserta (pemerintah daerah) ditekankan memiliki jiwa pengabdian yang tinggi kepada publik.

Dengan begitu, hal-hal lain akan ikut serta bahwa kalau memiliki kesadaran yang kuat sebagai pelayan masyarakat akan memberi kepuasan kepada publik.

Mengingat tantangan ke depan lebih berat. Apalagi sesungguhnya kata Thariq, tidak ada kepuasan dalam pelayanan publik.

Sebab yang ada, adalah kesungguhan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022