Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo menggelar pembinaan untuk optimalisasi digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Gorontalo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo usai kegiatan itu, Sabtu, mengatakan di Provinsi Gorontalo UMKM terbanyak berada di Kabupaten Gorontalo.

"Terkait UMKM, di Provinsi Gorontalo ada 120 ribu UMKM dan 64 ribu di antaranya ada di Kabupaten Gorontalo," ujar Nelson.

Menurut Bupati dua periode itu, terkait dengan tantangan digitalisasi yang ada, ada tiga aspek yang perlu di lakukan dalam menghadapi era digitalisasi.

“Memang tantangan digitalisasi ini yang pertama sumber daya manusia, yang ke dua teknologi dan yang terakhir layanan," ucap dia.

Mengenai ekonomi dan pertumbuhan yang berkualitas Nelson Pomalingo menyampaikan ada tiga prioritas, yakni poin pertama sumber daya manusia, pendidikan dan kesehatan.

"Poin yang ke dua, terbagi menjadi dua yakni ekonomi terpadu dan UMKM dan poin yang terakhir transformasi birokrasi," bebernya.

Selain itu dalam rangka membangun UMKM Nelson menyampaikan melalui tiga pilar, pertama kapasitas produksi yang terus didorong, yang ke dua proses yang efisien dan yang terakhir pasar.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022