Bank Indonesia (BI) mendorong kinerja ekonomi masyarakat bahari dengan mendukung penyelenggaraan Festival Ikan Tuna Gorontalo 2022 yang digelar di di Lapangan Ippot Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Jumat.

Kepala Koordinator Kantor Perwakilan Bank Indonesia Regional Sulawesi, Maluku, Papua, Causa Iman Karana di Gorontalo, Jumat, menyatakan, pihaknya mendukung penuh dan bersinergi pada pelaksanaan Festival Ikan Tuna pertama itu.

"Dengan harapan akan mendorong perekonomian masyarakat Gorontalo terutama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," ucap dia.

Seperti diketahui, Festival Kuliner Ikan Tuna Gorontalo 2022 merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendukung UMKM di Provinsi Gorontalo, dimulai pada 2-4 September 2022.

Berbagai rangkaian kegiatan dalam Festival ini dapat juga meningkatkan kemampuan dan pengetahuan masyarakat terkait tuna dan olahannya, yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan pada sektor perikanan, sektor pariwisata, dan sektor lainnya serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Perikanan tangkap selama ini menjadi unggulan bagi subsektor perikanan Gorontalo dimana salah satu komoditas ikan yang paling banyak masuk ke dalam perairan Gorontalo adalah ikan tuna," ucap dia.

Adapun jenis tuna yang mendominasi perikanan tangkap di Gorontalo adalah tuna sirip kuning yang merupakan salah satu jenis tuna terbesar dan bernilai ekonomi tinggi.

Tuna jenis ini, ujar dia,  telah diekspor dalam bentuk utuh maupun irisan tuna ke beberapa negara di Asia seperti Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Ia mengungkapkan, sepanjang tahun 2021, total nilai ekspor tuna jenis ini dapat mencapai 190,604 dolar AS. Dengan potensi ikan tuna yang ada saat ini, diharapkan ke depan sektor perikanan Gorontalo dapat tumbuh semakin baik mengingat ikan ini memiliki cita rasa yang lezat dan bergizi, baik dikonsumsi segar maupun menjadi olahan pangan.

Ikan tuna dapat diolah menjadi berbagai penganan yang lezat seperti abon dan sambal. Bentuk olahan pangan ini merupakan bagian dari produk UMKM yang merupakan UMKM Binaan Bank Indonesia.

Oleh karena itu, peningkatan kapasitas dan daya saing UMKM perlu didorong berbagai hal seperti program-program pengembangan UMKM yang kreatif dan inovatif dengan dukungan dari berbagai pihak di Gorontalo.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi serta dukungan kepada pelaksanaan kegiatan Festival Kuliner Ikan Tuna Gorontalo 2022 ini mengingat dampak positif yang dapat dihasilkan dari kegiatan ini terhadap eksistensi kuliner dan pariwisata Gorontalo," kata dia.

Tentunya kata Causa Iman Karana yang sering disapa Pak Cik itu, pihaknya akan terus berkomitmen untuk mendukung langkah dan upaya dalam menguatkan perekonomian, sekaligus mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk senantiasa bangga terhadap produk Gorontalo agar tetap lestari dan bersaing di tingkat global.

Salah satunya melalui kuliner berbahan dasar ikan tuna melalui Festival Kuliner Ikan Tuna Gorontalo 2022 yang diinisasi oleh Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel tersebut.


 
Sejumlah penari membawakan tarian selamat datang pada pembukaan Festival Ikan Tuna di Lapangan Ippot, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Jumat (2/9/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022